Tuesday, August 23, 2016

Strategi Permainan Sepak Bola Yang Ampuh Part 2

Strategi Permainan Sepak Bola Yang Ampuh Part 2

Posisi pemain sepak bola sangat berkaitan dengan formasi yang digunakan. Formasi permainan meliputi barisan pertahanan, barisan penghubung dan barisan penyerang. Sistem permainan yang sering digunakan dalam permainan sepak bola berkaitan dengan posisi pemain, antara lain, yaitu :


      1. Formasi 1-4-4-2
Formasi ini membuat barisan pertahanan menjadi lebih baik dengan suatu peningkatan keseimbangan di tengah lapangan.
Cara melakukan :

  • Pemain tengah memperkuat daerah pertahanan sendiri dan untuk sementara waktu mempeerkuat lapangan tengah
  • Menempatkan dua pemain ujung tombak di pertahanan lawan selalu merupakan suatu bahaya bagi gawang lawan
  • Mereka memiliki ruang dan waktu untuk melakukan aksi perorangan (menggiring bola) dan kerja sama dengan teman-temannya (passing, wall pass)
      2. Formasi 1-1-3-3-3 (formasi dengan libero)
Pada formasi ini seorang centre back tidak berdampingan melainkan masing-masing posisinya depan belakang. Pemain yang paling belakang prinsipnya tidak menjaga lawan. tetapi untuk membantu semua teman dan melindungi daerah yang berbahaya. Pemain ini akan menjadi pemain yang bebas, maka disebut dengan pemain libero.
Cara melakukan :
  • Dari posisi belakang libero mempunyai pandangan yang baik terhadap pemain, dan dapat mengontrol seluruh pertahanan. Dengan posisi pemain yang baik, maka penyerangan dari lawan yang langsung ke arahnya dapat digagalkan dengan suatu gerakan yang pasti.
  • Tugas pemain libero hendaknya tidak dibatasi untuk keaktifan bertahan, karena Libero bukan pemain 'pembersih'.
  • Formasi pertahanan dengan libero mempunyai banyak kekuatan untuk membangun permainan dan memimpin penyerangan.
      3. Sistem Piramida (1-2-3-5)
Sistem Piramida disebut juga sistem ortodok, susunannya 1 penjaga gawang, 2 orang penjaga daerah belakang, 3 orang penghubung, dan 5 orang penyerang.
Penempatan posisi pemain harus disesuaikan dengan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing pemain.
  1. Posisi penyerang cocok ditempati oleh pemain yang lincah untuk menembus pertahanan lawan, mempunyai daya tahan (stamina) yang baik, memiliki tembakan keras dan akurat, agar dapat mencetak gol sebanyak-banyaknya.
  2. Pemain penghubung bertugas memberi umpan kepada pemain penyerang, dia mempunyai tugas ganda, suatu ketika harus membantu menyerang, namun di saat yang lain harus membantu pemain bertahan agar pemain lawan tidak berhasil memasuki daerahnya apalagi melakukan tembakan. Oleh karena itu posisi tersebut cocok diisi oleh pemain yang memiliki teknik mengontrol dan menendang bola yang sempurna.
  3. Posisi pemain bertahan lebih cocok ditempati oleh yang bertubuh kekar, mempunyai kemampuan merebut bola yang baik, Serta memiliki tendangan yang kuat. Dia harus mampu mematahkan serangan lawan dan memberi umpan yang jitu kepada pemain penghubung atau langsung kepada pemain penyerang.
Load disqus comments

0 comments